Wednesday 24 July 2013
One comments

Bahaya Menggunakan Headphone atau Earphone

7/24/2013
Hampir setiap orang di dunia menyukai musik. Hampir setiap orang di dunia telah memakai earphone atau headphone, entah itu dibuat mendengarkan musik atau berkomunikasi. Namun tahukah anda jika mendengarkan lewat earphone itu bahaya. 1 dari 5 remaja memiliki gangguan pendengaran sebagian dikarenakan peningkatan penggunaan headphone. Menurut para dokter, mendengarkan melalui headphone atau earphone terlalu keras dalam waktu yang lama menimbulkangangguan pendengaran seumur hidup bagi anak ataupun remaja.

Berikut beberapa efek negatif penggunaan Earphone atau headphone berlebihan
Gangguan Pendengaran
Salah satu efek samping utama dari mendengarkan musik keras adalah gangguan pendengaran. Menurut Dr Brian Fligor, direktur Audiologi diagnostik di Rumah Sakit Anak Boston, orang-orang yang mendengarkan musik pada volume melebihi 90 desibel, dapat menderita gangguan pendengaran sementara. Suara dalam kisaran ini pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen, terutama untuk remaja yang memakai earphone mereka untuk jangka waktu yang lama. Lalu apa tanda tanda gangguan suara?
 
1. Suara berdegung ditelinga
2. kesulitan memahami pembicaraan di tempat ramai atau di tempat dengan akustik yang buruk
3. Suara teredam
4. Mendengarkan suara TV atau radio lebih keras dari sebelumnyaJika anda mengalami hal demikian segera memeriksakan ke dokter.
Luka di Telinga
Memasang dan melepas earphone secara berulang dalam waktu jangka panjang dapat mengiritasi sendi temporomandibular terletak di dekat saluran telinga. Hal ini dapat mengakibatkan nyeri dan sakit di telinga. Busa Earphone yang berkembang di dalam liang telinga sering kali menjadi penyebab utama.
Infeksi pada Telinga
Pastikan untuk membersihkan earphone anda secara teratur. Jika tidak, bakteri dapat berkembang pada mereka, terutama pada earphone terbuat dari busa, yang menyebabkan infeksi di telinga. Dalam kasus infeksi yang mengunjungi dokter dan menghentikan penggunaan earphone.
Dampak terhadap kotoran telinga
Menurut sebuah situs sumber daya kesehatan dari Columbia University, earphone dapat menghambat pergerakan kotoran telinga dan mungkin ada efek samping seperti tinnitus, gangguan pendengaran, nyeri atau infeksi. 

Tips dan Peringatan
Jangn gunakan earphone atau headphone yang dimasukkan langsung kedalam kanal telinga, meskipun mereka dapat membuat suara lebih baik tapa kemungkinan mengalami gangguan suara juga meningkat. Anda juga harus mengambil paling tidak 5 menit setiap jam untuk beristirahat, ini dapat membantu telinga anda dari "serangan" gelombang suara dari earphone. Jika bisa gunakan speaker dengan volume yang sedang, itu akan membuat anda terhindar dari gangguan pendengaran 
 

1 comments:

 
Toggle Footer
Top